Cara Optimasi SEO dengan Teknik Link Building - Berguru SEO Berguru SEO -->

Cara Optimasi SEO dengan Teknik Link Building

Link Building adalah suatu teknik atau tindakan yang bertujuan untuk menaikan peringkat blog atau website melaui link. Link building juga bertujuan untuk menunjukan bahwa situs web atau blog anda memiliki kekayaan konten berkualitas di mata mesin pencarian, baik google ataupun mesin pencari lain nya.

Link building termasuk kedalam salah satu  faktor penentu peringkat di mesin telusur, oleh sebab itu bangunlah link building dengan baik dan benar untuk mendapatkan kepercayaan di mata google. Teknik link building juga erat kaitan nya dengan backlink yang mana keduanya sama sama termasuk kedalam kategori optimasi SEO Off Page. Silahkan baca artikel sebelumnya mengenai 7 Sumber Backlink Berkualitas Tinggi dan Cara Mendapatkan nya.

Teknik Membangun Link Building Untuk Pemula

Penerapan Link Building Dengan Backlink


Penerapan link building bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satu nya dengan melalui backlink. Tetapi disini saya akan menjelaskan tutorial bagaimana cara nya membangun link building untuk menaikan popularitas blog atau website kita, tetapi sebelumnya mari kita ketahui dulu jenis jenis backlink berdasarkan kualitas dan efek samping nya.

Jenis Jenis Backlink

Di artikel ini saya mengkategorikan jenis jenis backlink berdasarkan tingkatan dan kelebihan nya.

1. Backlink Natural


Backlink natural adalah salah satu backlink yang di ciptakan secara alami dan tanpa paksaan, salah satu kelebihan backlink ini adalah memperkuat citra nama blog anda di mata mesin pencari dengan melalui konten yang relevan antara "blog anda" dan "blog pemberi backlink". Selain itu, backlink natural juga mampu menambah citra di mata pengunjung efek nya visitor akan di dapatkan secara mudah.

Backlink natural termasuk backlink yang di sukai oleh google melebihi backlink apapun, karena dengan backlink ini menandakan bahwa konten ada sangat berkualitas di mata pengunjung.

Oleh sebab itu backlink jenis ini termasuk jenis backlink yang susah didapatkan, karena kita harus membuat konten yang berkualitas, informatif dan solutif agar orang secara sukarela memberikan backlink ke blog kita.

Contoh realita: Mas sugeng merupakan blogger yang berbakat didalam dunia blog dan design template, berkat karya nya orang secara sukarela memberikan backlink ketika mereka mengutip sebagian konten blog dia untuk di jadikan konten di blog nya.

2. Backlink Otoritas Tinggi


Backlink jenis ini merupakan backlink yang umum di pakai di website atau blog besar. Karakteristik dari backlink otoritas adalah memiliki Domain Authority dan Page Authority yang tinggi sehingga memiliki kuatan yang besar untuk mendongkrak posisi SERP, backlink ini biasanya berasal dari situs web pemerintahan, militer ataupun lembaga universitas. 

Untuk mendapatkan backlink ini biasanya dengan menawarkan guest post, membuat kampanye atau melakukan sponsorship dengan pihak terkait, atau bahkan dengan melalui aktifitas jual beli. 

Perlu Anda ketahui, tindakan membeli atau menukar link dengan bentuk apapun sangat di larang oleh Google, akibatnya google bisa saja memberikan penalty berupa deindex sebagian halaman atau bahkan seluruh halaman jika ketahuan terjadi kecurangan dalam membangun link.

3. Backlink Berkualitas Rendah


Backlink jenis ini merupakan teknik link building sesat yang harus di hindari, pasalnya blog dengan teknik ini tidak di sukai oleh google. Backlink jenis ini biasanya dipraktikan oleh pemula yang baru terjun di dunia blog. Berikut ini contoh teknik link building sesat yang sering di pakai:

  • Praktik Jual Beli Backlink
  • Spam Komentar dengan Link
  • Spam Link di Media Sosial
  • Guestpost di Forum dengan Sengaja Menaruh Banyak Link

Keuntungan backlink jenis ini biasanya dapat dengan mudah mendatangkan visitor sehingga mampu menaikan penghasilan blog, tetapi visitor yang di hasilkan bukanlah visitor organik yang datang dari mesin pencarian.

Selanjutnya ada tips tambahan untuk melakukan link building supaya optimasi seo nya lebih optimal, yaitu dengan melalui optimasi Outbound link dan Internal Link.

Optimasi Internal Link


Internal Link adalah sebuah link yang di sisipkan di satu halaman ke halaman lain dari dalam blog kita. Contoh, dari artikel satu lalu di tambahkan link yang mengarah ke artikel dua.

Mengapa Optimasi Internal Link Perlu di Lakukan? Alasan nya adalah supaya google lebih mudah merayapi setiap link di terdapat di suatu halaman yang kemudian di index bersama halaman tersebut. Di sisi lain, internal link dalam bentuk anchor text juga berfungsi untuk memudahkan pembaca dalam menemukan artikel terkait artikel yang sedang mereka baca.

Saran saya, hapus widget related article yang terdapat pada bagian tengah artikel kemudian ganti dengan memasukan artikel yang lebih relevan dalam bentuk anchor text.

Optimasi Outbound Link


Berbalikan dengan Internal Link, Outbound link adalah link yang mengarah ke luar blog kita dan juga sering disebut sebagai eksternal link.

Tips optimasi di bagian outbound link salah satu nya dengan menambahkan tag Nofollow, supaya link yang kita sisipkan tidak terlibat reputasi buruk yang terdapat di link outbound tadi. Oh iya, pintar pintar mensortir link outbound yang di masukan ya, pastikan oundbound link berisi konten positif supaya tidak berimbas buruk kepada blog kita.


Kesimpulan


Teknik Optimasi Link Building  dengan melalui Backlink, Internal link, dan Outbound link mampu membantu menaikan peringkat blog di SERP, asalkan dilakukan dengan tepat dan konsisten.

1 Komentar untuk "Cara Optimasi SEO dengan Teknik Link Building"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel