Cara Menulis Artikel Blog Berkualitas Untuk Pemula - Berguru SEO Berguru SEO -->

Cara Menulis Artikel Blog Berkualitas Untuk Pemula

Artikel Yang Berkualitas itu sebenarnya yang seperti apa sih? apakah isinya sangat bernilai sekali sehingga di sebut berkualitas? Artikel yang berkualitas yang di maksud disini adalah sebuah artikel yang terstruktur lengkap dari mulai Judul, Penggunaan Header, Subjudul, Paragraf, Penggunaan gaya teks, gambar, serta isi kalimat yang terstruktur. Tetapi di sudut pandang lain, konten berkualitas itu merupakan konten yang informatif dan memberikan solusi bagi pengunjung.

Jika semua hal tersebut telah di terapkan terlebih banyak di rekomendasikan oleh pembaca maka artikel tersebut dapat di pastikan artikel itu termasuk ke dalam kategori berkualitas, meskipun isi nya sama sekali tidak ada artinya. loh kok bisa? Sebut saja contoh nya artikel artikel yang ada di Portal berita, hampir semua artikel nya sangat tidak bermaanfaat! hanya Clickbait Ucn*ws misalnya.

Kenapa Harus Membuat Artikel yang Berkualitas?


Artikel yang berkualitas tentu nya akan sangat berpengaruh terhadap popularitas Blog kita di mata Search Engine atau Mesin Pencari Google, karena fakta nya google lebih menyukai blog yang lebih ramai pengunjung meskipun memiliki artikel yang tidak begitu informatif di bandingkan dengan blog yang memiliki artikel sangat berharga tetapi jarang di kunjungi oleh pembaca, hal ini sesuai dengan "Algoritma Google Fred" yang baru baru ini di luncurkan google.




Lalu bagaimana Cara Membuat Artikel yang Berkualitas ?


Kita simak beberapa tips berikut agar artikel kita lebih berkualitas, baca sampai habis ya ;)

1. Pembuatan Judul


Buatlah judul sesuai dengan apa yang ingin anda tulis, penggunaan judul yang menarik juga dapat menambah nilai lebih, semakin menarik judul nya maka semakin berpotensi blog kita ramai di kunjungi.

2. Penggunaan Header, Subheader, dll


Penggunaan atribut teks seperti Header, Subheader, Bold, Italic, Underline, List, dan yang lain nya akan sangat menambah artikel kita semakin terlihat profesional dan berkualitas, meskipun isi nya sama sekali tidak ada manfaat nya.

3. Struktur Penulisan Artikel


Yang saya maksud pada point ke 3 ini adalah urutan bagaimana kita menulis artikel yang baik dan benar, dalam hal ini saya kelompokan sebagai berikut:
  • Judul
  • Pembukaan / Basa Basi
  • Masuk ke Point / Topik
  • Penjelasan / Kesimpulan
  • Penutupan
Nah, daftar di atas adalah gambaran bagaimana cara kita menulis artikel yang baik dan benar, jangan lupa sisipkan keyword yang anda bidik secara merata dan natural ke dalam setiap artikel yang anda buat.

4. Gunakan Gambar yang Menarik


Gambar merupakan salah satu pendukung sebuah artikel, jika di dalama sebuah postingan tidak ada gambar maka artikel tersebut akan terlihat kurang menarik. Karena pada dasar nya orang akan merasa "Bosan" ketika membaca sebuah tulisan yang tidak memiliki gambar, maka dari itu kita wajib hukum nya memasukan setidak nya satu buah gambar ke dalam sebuah artikel. Maka masukan lah gambar yang sebagus bagus nya serta ada kaitan nya dengan apa yang kita tulis, sebaik nya gambar yang kita masukan adalah gambar hasil kita sendiri.

5. Jumlah Kata atau Panjang Artikel


Didalam penulisan artikel di blog memang tidak ada peraturan khusus untuk menentukan berapa jumlah kata atau panjang postingan sebuah blog, namun hal ini sangat ada kaitan nya dengan cara menulis artikel yang baik dan benar serta akan menambah kualitas dari artikel yang anda buat. Lalu berapa panjang artikel yang ideal untuk Postingan Blog?

Berikut ini adalah referensi untuk mengukur berapa panjang artikel yang ideal untuk sebuah blog:

*75-300 Kata: Artikel pendek cocok untuk diskusi. Tidak akan mendapat angka share yang banyak. Juga sangat buruk untuk keperluan SEO. Tapi jika Anda ingin banyak komentar, buat artikel pendek.

*300-600 Kata: Panjang standart untuk blogging. Direkomendasikan oleh banyak blogger profesional. Mudah untuk mendapatkan share dan komentar. Tapi terlalu pendek untuk menjadi blog otoritas.

*750 Kata: Ini merupakan standart panjang jurnalis profesional, terutama koran. Artikel dengan panjang seperti ini lebih mudah untuk mendapat link dari blogger lain.

*1000-1500 Kata: Anda akan mendapat sedikit komentar jika menulis artikel dengan panjang ini. Tapi Anda akan mendapatkan banyak share jika artikel Anda bersifat memecahkan masalah orang lain. Juga lebih mudah untuk keperluan SEO.

*2450++ Kata: Anda akan mendominasi mesin pencari jika mampu menulis dengan panjang seperti ini. Sayangnya, selain susah untuk membuat nya juga blog dengan kepanjangan artikel membuat pengunjung enggan membaca dan pada akhirnya pengunjung akan beralih ke situs lain.

Catatan: Silahkan pilih mana yang menurut anda cocok sesuai dengan tema blog anda.

Kesimpulan


Dari artikel yang telah saya tulis ini kesimpulan nya terdapat 5 Tips dan cara menulis artikel yang baik dan benar, artikel ini saya khusus kan untuk newbie yang baru belajar dunia blogging seperti saya ini. Jadi silahkan lakukan jika menurut anda efektif dan silahkan koreksi jika menurut anda salah.

Demikan artikel tentang "Cara Menulis Artikel Blog Berkualitas Untuk Pemula" ini, mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan maupun penyampaian, silahkan berkomentar jika ada yang salah dan silahkan share jika artikel ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menulis Artikel Blog Berkualitas Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel