7 Sumber Backlink Berkualitas Tinggi dan Cara Mendapatkan nya - Berguru SEO Berguru SEO -->

7 Sumber Backlink Berkualitas Tinggi dan Cara Mendapatkan nya

Tidak dapat di pungkiri lagi bahwa backlink yang berkualitas tinggi merupakan salah satu penunjang blog agar lebih SEO serta ampuh untuk meningkatkan ranking di hasil mesin pencarian (SERP). Saat ini backlink yang berkualitas masih menjadi jamu yang ampuh untuk dapat meningkatkan kepercayaan blog kita di mata google. Namun kendala yang muncul adalah ketika sulit nya mendapatkan backlink yang berkualitas tinggi.

Mencari backlink sendiri sudah menjadi keseharian seorang blogger, dimana pada umumnya, seorang pengelola blog akan memulai mencari backlink tepat setelah dia mempublish artikel baru di blognya, proses atau kegiatan mendapatkan backlink ini biasa disebut dengan blogwalking, dimana seorang pengelola blog akan berkeliling di blog tetangga, melakukan promosi dan meninggalkan tautan blog miliknya di blog tersebut, yang nantinya akan menjadi sebuah backlink.





Di artikel ini izinkan Berguru SEO selaku blogger pemula untuk mencoba menuliskan tentang sumber backlink yang berkualitas tinggi dan gratis lengkap dengan cara mendapatkan nya. Sebelum kita membaca point penting dari artikel ini, ada baik nya kita ketahui dahulu sebenarnya apa itu backlink? apa fungsi backlink? darimana kita bisa dapatkan backlink? sumber backlink yang berkualitas tinggi dan gratis? serta bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas, berikut ini.


Apa Itu Backlink?


Backlink adalah sebuah istilah yang berasal dari kata "back" dan "link" yang berarti "tautan balik/keluar", yang di maksud backlink disini adalah sebuah istilah untuk menyebutkan link blog Anda yang tersemat di blog orang lain, sama seperti namanya, backlink juga merupakan sebuah pintu belakang bagi pengunjung untuk dapat mengunjungi blog Anda.

Contoh nya begini, saya membuat artikel tentang Perbedaan Blog dengan Website, kemudian di artikel tersebut saya menuliskan link keluar yang relevan sesuai dengan apa yang saya tulis tadi dengan syarat link tersebut bersifat "do follow" agar mesin pencari google bisa merayapi nya. Pasti mengerti kan maksud saya hehehe..

Fungsi Backlink

Seperti yang saya katakan sebelum nya, backlink berfungsi untuk meningkatkan rangking SERP blog di mesin pencari. Dengan memiliki backlink yang banyak dan berkualitas akan menjadi sebuah modal utama untuk dapat nagkring di halaman atas pencarian google. Singkat nya backlink berfungsi sebagai sarana agar blog kita mendapatkan kepercayaan di mata google. Bisa di katakan bahwa backlink itu merupakan "rujukan" yang di berikan orang lain / kita sendiri agar lebih di percaya google. Jadi semakin banyak backlink yang mengarah ke blog kita, maka akan semakin bagus juga blog kita di peringkat google.


Ciri ciri Backlink yang Berkualitas Tinggi


Jika anda ingin backlink yang anda buat bisa bermanfaat dari segi SEO untuk blog anda, maka anda harus membuat backlink dengan kriteria sebagai berikut:

1. Backlink yang di buat harus mengarah ke sebuah artikel (opsional)

Sebenarnya ini tergantung selera, jika ingin homepage blog anda di optimasi agar homepage blog anda muncul di halaman teratas search engine, maka yang harus anda lakukan adalah membuat backlink yang mengarah ke halaman utama blog anda. Sebaliknya, jika anda ingin salah satu artikel blog anda muncul di halaman atas search engine, maka anda harus membuat backlink yang mengarah ke salah satu artikel blog anda.

2. Cari Backlink Dofollow


Dalam SEO, ada 2 jenis backlink, yakni backlink dofollow dan backlink nofollow. Menurut pakar SEO, jika Anda ingin backlink yang Anda bangun mampu untuk menjadi sebuah penopang posisi artikel di search engine, maka sangat disarankan untuk membuat backlink yang berasal dari situs dofollow.

Menurut mereka, backlink dofollow lebih friendly dan memiliki dampak yang jauh lebih besar daripada backlink nofollow dalam dunia search engine optimization. Jika di ilustrasikan, katanya istilah backlink dofollow itu memiliki mekanisme kerja yang sama dengan sistem follow di Twitter, dimana semakin banyak yang mem-follow Anda, semakin baik pula popularitas Anda.

3. Cari Backlink dari traffic dan otoritas tinggi

Backlink yang berkualitas adalah backlink yang didatangkan dari blog yang memiliki autority tinggi di mesin mencari, dimana semakin tinggi autority sebuah blog, semakin besar pula traffic yang dimiliki. Anda tidak perlu repot-repot untuk mengecek apakah sebuah blog memiliki otoritas tinggi atau tidak dengan menggunakan berbagai tool-tool aneh, karena Anda sudah dapat mengetahui besar-tidaknya otoritas sebuah blog hanya dengan melihat posisi blog tersebut di search engine.
Jika Anda ingin mendapatkan backlink berkualitas dari blog yang memiliki otoritas yang tinggi, Anda hanya perlu membangun backlink dari web yang berasal dari 10 hasil pencarian pertama Google, dengan kata lain semua situs yang berasal di halaman pertama search engine.

4. Dapatkan Backlink dari blog yang memiliki niche yang sama

Agar backlink yang Anda bangun dapat mendatangkan pengunjung, Anda wajib untuk membangun backlink dari situs yang memiliki niche atau topik pembahasan yang sama dengan Anda, hal ini dilakukan semata-mata untuk mendatangkan visitor dari link yang Anda tinggalkan, dimana jika ada pengunjung mengunjungi blog yang menjadi tempat Anda meninggalkan backlink, dan ketika pengunjung tersebut merasa artikel yang dibacanya di blog tersebut dirasa kurang lengkap, dia dapat melihat kolom komentar untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

5. Hindari Backlink yang berasal dari Blog yang memiliki banyak outbound

Outbound link atau link keluar adalah sebuah sebutan untuk link yang mengarah ke luar domain blog tersebut. Outbound link yang berlebihan pada umumnya diakibatkan karena banyaknya orang yang berebutan untuk berkomentar dengan link aktif, yang juga bertujuan untuk mendapatkan backlink.

Menurut beberapa pakar di Indonesia, dikatakan bahwa jika sebuah artikel atau halaman memiliki outbound link yang berlebihan, ini akan membuat artikel tersebut mendapatkan kesan buruk dalam SEO, mengalami penurunan SERP, yang akhirnya akan berdampak pada penurunan pengunjung.


6. Cari Backlink yang Berkualitas Tinggi

Poin terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah jangan pernah terlena atau tergoda untuk membuat banyak backlink, namun justru mengabaikan kualitas dari backlink itu sendiri. Layaknya pisau bermata dua, selain bermanfaat untuk SEO, backlink juga bisa menjadi racun SEO itu sendiri,

Racun yang dimaksudkan disini adalah adanya kemungkinan bahwa blog akan dikenakan penalty oleh Google karena membangun secara besar-besaran dalam waktu singkat, karena merasa ada yang tidak beres, Google akhirnya menjatuhkan penalti bagi Anda yang melakukan optimasi SEO yang terlalu berlebihan. Efek nya blog akan di tendang jauh dari halaman awal mesin pencari google.

Jika anda sudah mengetahui kriteria backlink yang baik, selanjut nya anda bisa membaca thread ini untuk memulai berburu backlink berkualitas tinggi nan gratis, berikut adalah sumber backlink berkualitas tinggi lengkap beserta cara mendapatkan nya.



Sumber Backlink Berkualitas Tinggi


Setelah kita mengetahui apa itu backlink dan apa fungsi backlink, sekarang mari kita membahas ke inti penting dari artikel ini, yaitu sumber backlink yang berkualitas tinggi. Apa saja sih sumber backlink yang berkualitas tersebut? yuk kita simak

1. Dapatkan Backlink dengan Berkomentar di Blog lain

Berkomentar adalah cara termudah untuk mendapatkan backlink, maka dari itu rajin rajin lah berkomentar di blog yang memiliki traffic yang lebih tinggi dari blog kita dan jangan lupa sisipkan link yang mengarah ke blog kita. Dalam hal ini, untuk mendapatkan backlink lewat komentar anda bisa berkomentar seperti biasa kemudian sisipkan link yang menuju ke suatu artikel blog kita dalam bentuk anchor text. Perhatikan bahwa komentar yang anda tulis ada hubungan nya dengan artikel yang anda komentari, agar terlihat natural.

Opsi kedua dari cara mendapatkan backlink lewat komentar adalah menggunakan fitur "Name/Url". Cara nya sangat mudah, tinggal tuliskan nama anda dan masukan link blog anda pada kolom yang tersedia. Hal ini bisa menjadikan backlink untuk blog anda.

2. Backlink dari Social Bookmarking


Social Bookmarking adalah sebuah situs yang memungkinkan penggunanya untuk mensubmit link blog miliknya di situs tersebut, menampilkan summary dari artikel yang di-submit, dan jika ada orang yang membaca artikel tersebut, mereka harus mengunjungi situs sumber untuk membaca keseluruhan artikel tersebut. Dengan men-submit link di situs social bookmarking, pengguna dapat mendapatkan ribuan, bahkan ratusan ribu pengunjung dari link di-submit.

Selain mendapatkan backlink yang sangat berkualitas, Anda juga akan mendapatkan traffic yang melimpah dengan mensubmit artikel di situs social bookmarking.
Berdasarkan pengalaman saya, jika artikel yang Anda submit masuk kedalam label "Terpopuler"yang dapat Anda lihat di bagian right sidebar situs Viva Log, Anda bisa mendapatkan traffic yang sangat fantastis, tak tanggung tanggung, Anda akan mendapatkan puluhan, hingga ratusan ribu pengunjung per harinya.

3. Manfaatkan Forum Signature


Forum signature adalah sebuah fitur yang dihadirkan oleh setiap forum bagi para member-nya untuk menuliskan deskripsi tentang diri mereka. Signature ini akan muncul pada bagian bawah setiap post (komentar/balasan atau thread) yang mereka lakukan di forum tersebut, dan bagi Anda yang menginginkan backlink, Anda dapat mencantumkan signature yang menyematkan link blog Anda.

Dengan signature ini, backlink blog Anda akan bertambah seiring dengan banyaknya aktivitas yang Anda lakukan di sebuah forum. Sebagai contoh, jika Anda membalas sebuah thread, pada bagian bawah balasan balasan tersebut akan muncul sebuah signature, Signature inilah yang akan menjadi backlink yang cukup efektif untuk meningkatkan skor SEO blog Anda.

4. Buat Sebuah Artikel di Wikipedia yang Mengarah Ke Blog


Wikipedia adalah sebuah situs besar yang mencangkup berbagai macam informasi dari seluruh dunia, informasi apapun dapat Anda temukan di situs yang satu ini. Tak hanya itu, Wikipedia adalah salah satu dari beberapa situs yang memiliki otoritas tertinggi, dimana Wikipedia memiliki PageRank 10, serta Domain dan Page Authority yang sangat tinggi.

Untuk mendapatkan backlink berkualitas dari Wikipedia cukup mudah, contoh nya anda membuat artikel tentang "Vlog", kemudian masukan lah link yang mengarah ke suatu postingan blog anda di dalam artikel yang anda buat. Cara ini terbukti sangat ampuh di karenakan Wikipedia memiliki Pagerank yang bagus serta page authority yang sangat tinggi. Jadi, bangun lah backlink berkualitas tinggi nan gratis di wikipedia.

5. Manfaatkan Sosial Media


Sosial media adalah sebuah jaringan internet yang paling banyak di minati di semua kalangan, baik itu negara, jenis kelamin, bahkan umur. Ini akan menjadi sebuah ke untungan untuk para pengusaha maupun blogger yang ingin mempromosikan produk / jasa nya.

Untuk mendapatkan backlink dari sosisal media cukup lah mudah, kita tinggal rajin rajin mempromosikan link blog kita di sosial media misal nya Google+ ataupun Facebook. Terbukti bahwa backlink yang berasal dari G+ memiliki kualitas yang sangat bagus, untuk itu kita bisa menerapkan nya dengan bergabung di komunitas yang sesuai dengan niche blog anda.

Namun menurut beberapa ahli SEO, bahwa link yang di share di media sosial seperti Facebook pada saat ini sudah tidak efektif lagi di karenakan facebook kabar nya menggunakan link yang bersifat No follow. Akan tetapi,dari facebook kita bisa mendapatkan Traffic yang sangat melimpah.

6. Bagikan Template Buatan Anda Sendiri

Bagi anda yang jago dalam bidang web design, Anda dapat membagikan template yang Anda buat secara gratis kepada publik dan menyematkan link blog Anda pada bagian credit. Jika misalkan Anda tidak bisa membuat template sendiri, Anda dapat memodifikasi tampilan template milik creator lain dengan meminta ijin dari mereka, dan menambahkan dua buah link kredit, yang satu untuk link blog Anda, dan yang satunya lagi untuk link pemilik template aslinya.

Jika ini di lakukan, maka nanti akan menjadikan backlink untuk blog anda lewat link yang di sematkan pada credit template yang anda buat. Hal ini sangat efektif untuk menambah backlink yang berkualitas jika template yang anda buat banyak di pakai orang. Tugas anda, selain dari membuat template yang bagus, anda harus membagikan template tersebut kalau bisa sampai di pakai banyak orang.

7. Membeli Backlink yang Berkualitas Tinggi


Nah, di point yang terakhir ini merupakan sumber backlink yang berkualitas bagus alternatif dari ke enam point di atas. Jika anda ingin membeli backlink yang berkualitas tinggi, anda harus pandai pandai memilih backlink yang berkualitas dari situs yang memiliki otoritas tinggi dan terpercaya. Anda bisa meminta saran dari teman atau blogger yang sudah anda kenal.

Namun kendala nya adalah bersifat komersial, artinya jika kita menginginkan banyak backlink yang berkualitas seperti ini maka kita harus merogoh kocek uang kas kita. Akan tetapi nanti efek nya sangat bagus untuk pertumbuhan blog kita. Saya sendiri tidak mempraktekan nya di karenakan dompet yang pas pasan hehe..


Penutup


Setelah anda melakukan hunting backlink, biasanya backlink tersebut akan mulai terindex google dalam kurun waktu 1-2 minggu lalu anda bisa mengecek nya melalui Google Webmaster Tools. Jika backlink tidak kunjung terindex,besar kemungkinan itu dikarenakan karena bot search engine tidak dapat menjangkau blog yang menjadi tempat Anda menempatkan backlink, karena itulah saya menyarankan untuk mendapatkan backlink yang berasal dari situs yang memiliki otoritas tinggi, selain karena lebih berdampak pada cepatnya backlink terindex, backlink dari situs yang memiliki otoritas tinggi jauh lebih perpengaruh pada SEO jika dibandingkan backlink yang berasal dari situs yang memiliki otoritas rendah.

Demikian artikel ini saya tulis semoga bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari sumber backlink berkualitas tinggi nan gratis. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan maupun penyampaian, dan jika anda masih belum mengerti anda bisa berkomentar di bawah atau dengan menghubungi kontak pribadi saya lewat facebook. Sekian dan terimakasih, Salam Blogging!

28 Komentar untuk "7 Sumber Backlink Berkualitas Tinggi dan Cara Mendapatkan nya"

  1. klo misalkan backlink dari blog zombie/blog dummy kan banyak pasti banyak outbound yang akan menuju ke blog utama,,,apakah berbahaya? bukannya para pakar seo merekomendasikan blog dummy dari blog zombie?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksud dari outbound disini adalah jika banyak link yang menuju ke luar blog, kalo blog dummy kan di husus kan hanya menuju ke blog kita.

      Hapus
  2. ane belum pernah diblog ane gan.. nice artikelnya tentang artikelnya lengkap banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm iya gan hehe..makasih gan sudah berkunjung

      Hapus
  3. bagus artikelnya gan lengkap dan mudah di mengerti

    BalasHapus
  4. waah keereeen sekali, sayaa belum tahu banyak tentang SEO... bahasanya mudah dimengerti...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih gan, saya juga masih pemula dalam hal seo

      Hapus
  5. Mantap ilmu saya ter-upgrade setelah baca artikelnya hehe:D Terimakasih gan!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama gan, terimakasih telah berkunjung

      Hapus
  6. lengkap semua pembahasanya tentang seo, makasih gan mantep infonya

    BalasHapus
  7. terkadang jika kita menempelkan link aktif malah di anggap spam ya.. apdahal hanya ingin back link

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, makanya link tearsebut harus di buat anchor text agar tidak dikira spam

      Hapus
  8. Mau nanya nih, kalau backlink dari article directory masih berpengaruh besar ngga? Soalnya saya berencana mau pasang backlink di dalam artikel blog lain cuma ngga punya partner

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu masih berpengaruh mas, apa lagi situs web nya memiliki DA PA yang tinggi itu sangat bagus buat blog

      Hapus
  9. masih blajar ngeblog nih mas.blognya bermanfaat baget bgt newbie kyk saya..smoga smakin banyak bloger sukses indonesia...

    BalasHapus
  10. wah ilmu tentang backlink nih, mantabb... akan saya coba guru, semoga berhasil.. doakan sayah yah...

    Salam Inspirasi,
    Sesuap nasi

    BalasHapus
  11. Nice gan infonya jai nambah ilmu nich..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama mas, terimakasih sudah berkunjung..

      Hapus
  12. Thanks gan atas ilmunya.. Udah agak ngerti dikit
    http//www.onetrik.tk

    BalasHapus
  13. mantap kang
    #kobiltu
    https://aangessenzia.blogspot.com

    BalasHapus
  14. good information

    https://gudangpustakailmu.blogspot.com

    BalasHapus
  15. Makasih infonya gan
    Http://bebasbayarme.blogspot.com

    BalasHapus
  16. Makasih gan, infonya menarik dan bermanfaat

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel