Mengenal Apa Itu Vlog? - Berguru SEO Berguru SEO -->

Mengenal Apa Itu Vlog?

Mengenal Apa Itu Vlog - Saat ini sudah banyak sekali orang yang sudah tau apa itu artinya Vlog.  Akan tetapi banyak juga yang belum mengetahui arti yang sesungguh nya bahkan belum pernah mendengarnya sama sekali tentang vlog. Jujur saya sendiri baru mengenal vlog di tahun 2015, jadi masih terbilang baru ya hehe.

Jika dulu sebagian besar kita hanya mengenal istilah blog namun sekarang kita pasti sudah tau apa itu vlog. Vlog dan Blog itu beda istilah namun ada kaitan nya karena sama sama berisi tentang apapun itu yang di sampaikan oleh sang blogger atau vlogger. Blog sendiri saat ini telah berkembang pesat di semua kalangan, semua umur, dan semua profesi dan kini ada yang namanya vlog. 


Ilustrasi Apa Itu Vlog

Jadi Apa Sih Vlog Itu?

Vlog merupakan singkatan dari Video Blog. Pengertian dari apa itu vlog adalah sebuah dokumentasi jurnalistik berupa gambar bergerak atau video yang berisi tentang kehidupan, pikiran, opini, dan ketertarikan. Vlog sendiri hampir mirip dengan Blog, bedanya Vlog hadir dengan dukungan video dan suara sedangkan blog sebagian besar hanya berupa gambar dan teks saja.

Vlog ini bisa di bilang hampir mirip dengan program TV namun di buat dengan se sederhana mungkin untuk menghemat biaya produksi dan lain lain. Tapi meskipun di buat sederhana, jangan kira bikin vlog itu gampang yaa..

Sejarah Awal Mula Vlog

Keberadaan vlog dimulai dari seseorang yang bernama Adam Kontras yang menggunggah videonya bersama entri blognya pada tahun 2000. Saat itu Vlogging yang dilakukan Adam Kontras hanya sebatas vlog biasa jauh seperti vlog yang ada pada saat ini. Kemudian di ikuti oleh Adrian Miles yang pada tahun yang sama mengunggah video yang mengubah teks pada gambar diam dan menggunakan kata vlog yang merujuk pada video blog yang dia posting.

Pada tahun 2004, Steve Garfield mulai meluncurkan video blognya sendiri dan menyatakan bahwa tahun itu adalah tahun vlog. Dari situlah vlog semakin dikenal. Vlog semakin populer pada awal tahun 2005. Saat itu Yahoo! Videoblogging meningkat popularitasnya. Di tahun yang sama, muncullah sebuah situs video sharing yang bernama Youtube, yang mana saat ini menjadi situs yang paling banyak pengunjungnya.


Saat ini sudah banyak sekali orang yang memilih vlog ketimbang blog. Vlog di nilai lebih menarik karena secara visual kita bisa melihat langsung apa yang di bagikan si pengunggah. Bukan hanya itu, dengan melakukan vlogging kita bisa mendapatkan uang hanya dengan mengupload video aktifitas video yang kita unggah ke youtube.

Sebut saja beberapa Youtuber Indonesia seperti Raditya Dika dan Bayu Skak, mereka bisa mendapatkan puluhan juta rupiah dari hasil vlog yang mereka buat. Selain itu sudah banyak sekali orang yang medadak kaya dari hasil vlog yang mereka bangun hahaha.

Gimana ? Apakah anda tertarik untuk membuat vlog hingga menghasilkan uang jutaan rupiah? Tentu saja membuat vlog itu tidak mudah, butuh kesabaran, ketelitian, dan konsistensi yang tinggi jika anda ingin sukses hingga menghasilkan uang dari vlog.

Nah itu dia apa yang namanya vlog, semoga sukses dan bisa menjadi inspirasi bagi pembaca dimanapun anda berada. Jangan sungkan sungkan untuk berkomentar dan membagikan artikel ini ya :)

2 Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Vlog?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel