9 Cara Meningkatkan Kualitas Konten Blog - Berguru SEO Berguru SEO -->

9 Cara Meningkatkan Kualitas Konten Blog

Cara Meningkatkan Kualitas Konten Blog - Kenapa blog harus memiliki kualitas konten yang bagus? jawaban nya karena Konten Is The King! begitu kata para master master blogger yang sudah lama berkecimpung di dunia blogging. Ya dengan meningkatkan kualitas konten blog, maka akan ada beberapa ke untungan yang bisa kita dapatkan dengan memiliki blog yang mempunyai konten yang berkualitas, salah satu nya adalah pembaca akan berpotensi balik lagi ke blog kita karena blog kita sudah mendapatkan tempat di hati mereka.


Cara Meningkatkan Kualitas Konten Blog



Seperti Apa Konten Blog yang Berkualitas Itu?

Yang disinggung disini adalah blog yang di nilai dari berbagai segi aspek yang di sajikan oleh penulis untuk pembaca. Bukan hanya sekedar artikel yang berkualitas  saja tapi cara penulisan artikel pun harus di perhatikan agar konten blog sangat berkualitas, Silahkan baca artikel sebelum nya tentang Cara Menulis Artikel yang Berkualitas Untuk Pemula.

Lalu Bagaimana Cara Meningkatkan Kualitas Konten Blog?


Di artikel kali ini saya akan menuliskan bagaimana cara meningkatkan kualitas konten blog yang baik dan benar serta mudah untuk di pahami, langsung saja kita simak berikut:

1. Spesifikasi Judul


Sebuah judul yang menarik dan relevan adalah pilihan terbaik dalam memaksimalkan konten. Jika dalam judul posting saja sudah terdapat kata kunci, maka semakin baik pula konten tersebut di halaman hasil pencarian search engine. Ingat, relevansi harus selalu menjadi prioritas lebih tinggi daripada kata kunci. 

2. Link Internal


Hubungkan artikel terbaru yang sedang anda tulis kedalam halaman konten yang terkait. Hal ini bermaksud untuk mengangkat kembali prioritas konten yang lama dengan dihubungkannya kedalam konten yang lebih baru, konten yang bermanfaat jika dihubungkan melalui link internal dalam posting tentu juga akan lebih memudahkan pengunjung dalam menemukan halaman yang terkait dengan isi konten tersebut. Namun tidak hanya itu, menghubungkan setiap konten dengan link internal tentu juga dapat membantu optimasi search engine dalam menemukan dan menampilkannya pada halaman penelusuran, asalkan anda menghubungkannya ke konten internal yang berguna dan relevan.

3. Penempatan Link Internal


Link internal yang terdapat di konten blog sangatlah penting, tetapi perlu diperhatikan juga untuk memasukkan dimana penempatan letak link internal tersebut. Sebaiknya link internal digunakan dalam tiga dari posting anda dan dengan penempatan yang di prioritaskan sebelum link eksternal digunakan. Sekali lagi, menempatkan link internal seimbang dan sesuai agar tidak merusak isi dari posting blog dengan memprioritaskan penempatan link.

4. Penggunaan Anchor Text


Pada saat menghubungkan suatu halaman, hindari menggunakan satu kata kunci yang sama atau frase kata kunci ke beberapa URL. Demikian pula, hindari menghubungkan suatu halaman yang bervariasi dari kata kunci yang sama ke URL yang sama. Search engine tidak menyukai salah satu dari taktik ini. Semakin konsisten dalam menghubungkan konten, semakin baik pula konten tersebut di dalam lalu lintas pencarian.

5. Batasi Jumlah Link


Jangan menyebar link di dalam satu halaman posting. Tidak hanya membuat sulit bagi pengunjung untuk mengetahui link mana yang paling penting dan berguna, tetapi ini juga merupakan teknik spam yang tidak disukai oleh search engine. Gunakan penggunaan batas link (baik itu link internal maupun eksternal) untuk setiap link minimal berjarak 200 kata.

6. Optimalkan Gambar


Mengambil sedikit waktu untuk memberi title gambar yang digunakan dalam posting dengan judul yang berguna dan menjelaskan apa dari isi gambar tersebut. Anda dapat memasukkan kata kunci kedalam title gambar secara spesifik. Ketika mengupload gambar, pastikan untuk selalu menambahkan Alt-Tag dan title gambar. Menggunakan kata kunci didalam Alt-Tag dan title gambar juga akan meningkatkan kualitas konten.

7. Jumlah Kata


Dalam menulis posting blog membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyediakan konten yang cukup baik untuk orang-orang dan search engine agar memahami keseluruhan konten yang anda tulis. Oleh karena itu, dalam menulis posting pastikan bahwa jumlah karakter kata yang anda gunakan cukup untuk membuat search engine dapat mengindeks, tetapi hindari menulis terlalu banyak sehingga orang tidak mau meluangkan waktu untuk membacanya. Usahakan setiap konten tidak kurang dari 500 kata dan tidak lebih dari 900 kata agar terlihat lebih ideal.

8. Terupdate dan Terjadwal


Frekuensi posting blog mempengaruhi lalu lintas visitor secara signifikan. Tidak hanya search engine yang akan memberikan lebih banyak lalu lintas ke blog, dengan konten yang selalu up to date juga akan menambah kesan blog seperti pro atau profesional.

9. Kualitas Konten


Ini unsur yang paling penting karena Konten Is The King! Menulis konten berkualitas yang berguna untuk semua orang adalah diatas segalanya. Walaupun sudah menggunakan trik SEO tidak akan membantu jika konten berkualitas rendah. Perubahan algoritma Google dan rekomendasi para ahli SEO, satu hal yang akan tetap konstan adalah konten yang berkualitas tinggi. Konten berkualitas tinggi inilah yang akan terus mengarahkan lalu lintas ke blog.


Demikian artikel tentang 9 Cara Meningkatkan Kualitas Konten Blog semoga bermanfaat untuk kita semua, happy blogger!


1 Komentar untuk "9 Cara Meningkatkan Kualitas Konten Blog"

  1. Terima kasih, postingan ini sungguh sangat bermanfaat. Apakah di tahun 2020 ini range antara 500-900 kata masih relevan?

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel